Batman Begins - Help Select

Selasa, 18 November 2014

PULAU TEMAJO



Akses
Pulau Temajo masih digarap secara tradisional. Mereka yang hendak ke pulau ini, harus berhenti di daerah Sungai Kunyit, sekitar 86 km dari kota Pontianak. Setelah itu baru menyewa perahu motor nelayan yang diparkir di dekat bawah jembatan di tepi jalan raya Pontianak-Sambas.
Perahu motor kemudian menyusuri anak sungai,melintas di perkampungan nelayan kira-kira 700 meter, untuk menuju muara.Jika air surut di muara, perahu motor agak kesulitan melaju karena terlalu banyak lumpur.
Dengan bambu panjang, nelayan yang menyewakan perahu berusaha sekuat tenaga mengayuh. Bahkan mereka terpaksa menceburkan diri untuk mendorong perahu menuju laut.
Fasilitas dan akomodasi
Di pulau Temajo ada villa-villa yang bisa disewa untuk menginap. Fasilitas penginapan ini menjadi salah satu daya tarik wisatanya.
Pasir pantai di bibir pulau, di depan villa, warnanya coklat, dan panjangnya lebih lima ratus meter dengan lebar rata-rata tiga meter. Tapi, tak semua pantainya berpasir. Di ujung Selatan banyak batu-batu dan konon berfungsi untuk memecah ombak laut. Aneka jenis ikan bisa di lihat di antara bebatuan pantai.
Aktivitas yang bisa dilakukan seperti volley pantai, renang bersama di laut, jalan-jalan sepanjang bibir atau hiking ke bukit di belakang villa. Tak lupa berenang di kolam air tawar. Di senja hari, saatnya menikmati suasana sunset.
Wisata
Besarnya minat masyarakat mencari tempat peristirahatan bernuansa pantai dan laut, memang dirasakan pemilik vila di Pulau Temajo. Bukan hanya warga Indonesia yang menyewa vila, tapi banyak wisatawan mancanegara yang sengaja mencari kesegaran laut. Pemandangan alam yang indah di Pulau Temajo, memang membuat wisatawan terkagum-kagum.

Poskan komentar dengan
Poskan komentar dengan

Tidak ada komentar: